Senin, 29 Oktober 2012

Referensi IDE Atau Software Untuk Belajar C++


Referensi IDE Atau Software Untuk Belajar C++

Ditulis oleh Ayub Narwidian Adiputra. Pada hari Kamis, 16 Agustus 2012

Kali ini saya akan berbagi informasi seputar IDE atau software apa saja yang bisa digunakan sebagai compiler C++. IDE adalah singkatan atau nama gaul dari Integrated Development Environment. Apa fungsi dari IDE itu? IDE berfungsi untuk menulis kode untuk membuat program, menjalankan kode-kode tersebut dan mengecek apakah ada kesalah dalam program yang sedang kita buat. Nah, berikut ini software yang bisa teman-teman cicipi buat belajar dan bergulat dengan multivitamin C++.

1.  Code::Blocks
Ini software favorit saya karena ringan. Gratis dan bagi saya sangat cocok bagi temen-temen yang mau baru belajar C++. Untuk informasi lebih lanjut silahkan langsung ke situs yang bersangkutan di Code::Blocks. Tersedia dalam beberapa pilihan sesuai dengan OS yang kita pakai antara Windows, Linux atau Mac Os. Lihat-lihat dulu pilihannya sebelum menyedot IDE Code::Blocks di sini.
2.  Visual C++ Express
Dikeluarkan oleh Microsoft dan diberikan secara gratis. Visual C++ Express ini juga dapat diperoleh satu paket dengan Visual Basic, C#, dan Web Development dalam Visual Studio 2010 Express. Untuk memperoleh registration key juga tidak perlu membayar. Silahkan cek di artikel Cara Mendapatkan Registration Key Visual C++ Express 2010 untuk mengetahui cara mendapatkannya secara gratis. Untuk informasi lebih lanjut bisa dilihat di sini.
3.  Borland C++
Borland C++ sangat terkenal. Tetapi jujur saja saya belum pernah mencobanya. Jadi belum ada gambaran seperti apa program ini. Setahu saya Borland C++ adalah hasil pengembangan dari Turbo C++. Saat ini Borland C++ sudah berevolusi menjadi C++Builder. Untuk informasi lebih lanjut bisa lihat di sini.
4.  Dev C++
Dev C++ juga sering digunakan. Beberapa teman saya juga memakai ini. Dan saya jujur baru pernah nyoba 2 kali, itu pun pas lagi belajar sama teman yang pakai IDE ini. Terdapat pilihan untuk Windows dan Linux. Untuk mengetahui referensinya klik di sini, terdapat pula link untuk download di dalamnya.
Daftar IDE atau software untuk belajar C++ di atas dapat digunakan untuk menyusun dan membangun sebuah program C++. Kalau ada temen yang ingin menambahkan ya silahkan. Mohon maaf dan koreksi kalau ada kesalahan. Sekian dan terima kasih, Happy Coding !!!

1 komentar:

  1. http://fanieyahya.blogspot.com/2012/10/referensi-ide-atau-software-untuk_29.html

    BalasHapus