Sabtu, 06 Oktober 2012

Remote Desktop di Windows 7


Remote Desktop di Windows 7. Apakah itu Remote Desktop? Pada sistem operasi windows 7 terdapat tool/fasilitas Remote Desktop Connection. Fasilitas ini berguna untuk mengendalikan komputer jarak jauh yang berada di jaringan, seolah olah komputer yang dikendalikan tersebut berada satu komputer dengan komputer yang sedang anda gunakan.
Selain fasilitas Remote Desktop pada sistem operasi windows, banyak juga software remote desktop lainya seperti Radmin, UltraVnc dan masih banyak lagi yang lainnya.
Bagaimana  Remote Desktop di Windows 7 menggunakan Remote Dekstop Connection ?
Untuk mengaktifkan Remote Desktop Connection, klik pada Start Menu Klik kanan pada Computer lalu pilih Properties.
win7-mycom-rc
Pada window System Properties klik Remote settings pada sisi kiri window. Ini akan membuka tab Remote dari jendela System Properties disini terdapat tiga pilihan yang dapat anda pilih.
  • Don’t allow connections to this computer - Opsi ini akan mencegah pengguna terhubung ke komputer anda menggunakan Remote Desktop Connection atau RemoteApp. (koneksi RemoteApp adalah koneksi dimana klien hanya terhubung ke sebuah aplikasi tunggal.)
  • Allow connections from computers running any version of Remote Desktop - Ini akan memungkinkan pengguna menjalankan versi apapun dari RemoteApp atau Remote Desktop Connection untuk terhubung ke komputer anda. Gunakan ini jika anda tidak yakin versi berapa yang klien Remote Desktop gunakan, atau jika mereka menggunakan aplikasi Remote Desktop Connection pihak ketiga. (Sebagai contoh, klien Ubuntu kemungkinan akan memerlukan opsi kedua.)
  • Allow connections only from computers running Remote Desktop with Network Level Authentication - Koneksi Ini membatasi Remote Desktop ke versi yang menjalankan Remote Desktop yang memiliki Jaringan Level Authentication. Jaringan Tingkat Otentikasi diperkenalkan di Remote Desktop Client 6.0. Jika komputer client menjalankan Windows 7 atau mereka baru saja men-download klien Remote Desktop Connection, gunakan pilihan ini, karena lebih aman.
win7-remote-setting
Lalu klik pada tombol Select Users, untuk menambahkan user yang dapat melakukan koneksi ke remote desktop. Maka jendela Remote Desktop Users akan muncul, klik pada tombol Add.
Masukkan Nama user yang akan di berikan akses lalu klik tombol Check Names (Windows akan memastikan bila nama yang anda masukkan terdapat di sistem).
win7-remote-user

semoga bermanfaat Remote Desktop di Windows 7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar